LUAS PERMUKAAN BALOK, VOLUME BALOK, DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI



LUAS PERMUKAAN BALOK, VOLUME BALOK, DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas pada mata kuliah
MATEMATIKA 3

Disusun Oleh :
Rizky Chandra Zefta 
(210615175)

Dosen Pengampu:
Kurnia Hidayati, M. Pd

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN)PONOROGO
                          
BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai suatu permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi mengenai pengetahuan akan luas permukaan balok dan volume balok  Sehingga pemahaman tentang konsep luas permukaan balok dan volume balok sangatlah penting. Karana itu materi tersebut kerap kali dimasukkan kedalam materi pembelajaran, baik ditingkat SD, SMP dan SMA. Misalnya, seorang pembuat kue harus mengetahui ukuran cetakan kue dengan cara menghitung volume cetakannya. Beberapa permasalahan tersebut mendorong kami untuk membuat pembahasan yang berkaitan dengan volume balok, luas permukaan balok, serta penerapan dari luas permukaan balok, volume balok dalam kehidupan sehari-hari.
B.     Rumusan masalah
1.       Bagaimana menghitung luas permukaan balok ?
2.   Bagaimana menghitung volume balok?
3.       Bagaimana contoh penggunaan rumus luas balok dan volume balok dalam kehidupan sehari-hari?
C.  Tujuan
1.      Siswa dapat mengerti dan memahami bagaimana menghitung luas permukaan balok.
2.      Siswa dapat mengerti dan memahami Bagaimana menghitung volume balok.
3.      Siswa dapat mengerti dan memahami contoh penggunaan rumus luas balok dan volume balok dalam kehidupan sehari-hari.





BAB II
PEMBAHASAN
A.    LUAS PERMUKAAN BALOK                                          
Cara menghitung luas permukaan balok sama dengan menghitung luas permukaan kubus, yaitu dengan menghitung semua luas jaring-jaringnya. Misalkan, rusuk-rusuk pada balok diberi nama p (panjang), l (lebar), dan t (tinggi) seperti pada gambar. Dengan demikian, luas permukaan balok tersebut adalah:
Luas permukaan balok  = luas persegi panjang 1 + luas persegi panjang 2 + luas persegi panjang 3 + luas persegi panjang 3 + luas peregi panjang 5 + luas  persegi panjang 6



Luas Permukaan Balok = (p x l ) + (p x t) + (l x t) + (p x l) + (l x t) + (p x t)
Luas Permukaan Balok = (p x l ) + (p x l) + (l x t ) + (l x t) + (p x t) + (p x t)
Luas Permukaan Balok = 2 (p x l) + 2 (l x t) + 2 (p x t)
Luas Permukaan Balok = 2 [ (p x l) + (l x t) + (p x t) ]
Luas Permukaan Balok = 2 (pl + lt + pt)[1]

Contoh Soal :
1.    Sebuh balok berukuran panjang 18 cm, lebar 12 cm, dan tinggi 8 cm. Hitunglah luas permukaan balok tersebut ?
Penyelesaian :
Diketahui :      Panjang = 18 cm
Lebar    = 12 cm
Tinggi   = 8 cm
Ditanya    :      Luas permukaan balok?
Jawab       :
Luas permukaan balok = 2 (p.l+p.t+l.t)
Luas permukaan balok = 2 (18 x 12) cm + (18 x 8) cm + (12 x 8) cm
Luas permukaan balok = 2 (216 + 144 + 96)
Luas permukaan balok = 2 x 456 cm²
Luas permukaan balok = 912 cm²
Jadi, luas permukaan balok adalah 912 cm²




2.      Sebuah balok dengan panjang 6 cm, lebar 8 cm, sedangkan volume 480 cm³ , berapakah luas sisi balok ?
Penyelesaian :
Diketahui :      Panjang = 6 cm
Lebar    = 8 cm
Volume = 480 cm3
Ditanya    :      Luas permukaan balok?
Jawab      :      V . balok     = p x l x t
480 cm³      = (6 x 8 x t) cm
480 cm³      = (48 t) cm
      t            = 480 cm³ : 48 cm
      t            = 10 cm
Luas permukaan         = 2 (pl + pt + lt)
= 2 (6 x 8 + 6 x10 + 8 x 10) cm
= 2 (48 + 60 + 80) cm
= 2 x 188 cm
= 376 cm²
Jadi, luas permukaan balok adalah 376 cm²







3.      Misalnya, panjang, lebar, dan tinggi suatu balok berturut-turut adalah 8 cm, 6 cm, dan 5 cm. Hitung luas permukaan balok![2]      
Penyelesaian :
Diketahui :      p = 8 cm
l  = 6 cm
t  = 5 cm
Ditanya :         luas permukaan balok?
Jawab :            Lp        = 2 (p ´ l + l ´ t + p´ t)
= 2{(8 cm × 6 cm ) + (6 cm × 5 cm) + (8 cm× 5 cm)}
= 2{48 + 30 + 40) cm
= 2(118) cm
= 236 cm2
4.   Sebuah balok mempunyai ukuran panjang 10 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 2 cm. Hitunglah luas permukaan balok tersebut.
Penyelesaian:
Diketahui :      Panjang = 10 cm
Lebar    = 5 cm
Tinggi   = 2 cm
Ditanya :         Luas permukaan balok?
Jawab :           L           = 2(p.l + p.t + l.t)
= 2{(10 × 5) cm + (10 × 2) cm + (5 × 2) cm}
= 2 (50 + 20 + 10) cm
= 2 (80)cm
= 160 cm2
Jadi, luas permukaan balok tersebut adalah 160 cm2
B.     VOLUME BALOK
Volume Balok (V) = Panjang x Lebar x Tinggi


Contoh soal :
1.   Perhatikan gambar balok di bawah ini . berapakah volume balok ini....
Penyelesaian:
Diketahui :      p = 24 cm,
                        l  = 12 cm,
                        t  = 18 cm
Ditanya :         V….?
Jawab :            V         = p x l x t
= (24 x 12 x 18) cm
= 5184
 Jadi,volume balok di atas adalah 5184



2.      Sebuah balok mempunyai ukuran panjang 20 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 10 cm. Hitunglah volume balok tersebut.
Penyelesaian:
Diketahui :      p = 20 cm,
l  = 8 cm,
t  = 10 cm
Ditanya :         V….?
Jawab :            V         = p x l x t
            = 20 cm ´ 8  cm ´ 10 cm
= 1600
Jadi,volume balok di atas adalah 1600

C.   PENERAPAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK DALA KEHIDUPAN SEHARI-HARI

1.      Sebuah akuarium mempunyai ukuran panjang 50cm, lebar 20cm, dan tinggi 25cm. Tentukanlah volume air dalam akuarium itu !
Penyelesaian:
Diketahui :      p = 50cm
l  = 20cm
t  = 25cm
Ditanya :         Volume  air pada aquarium….?
Jawab :
V         = p x l x t
= (0,5 x 0,2 x 0,25) m
= 0,025 m3
Jadi Volume  air pada aquarium adalah 0,025 m3
2.      akuarium berbentuk balok memiliki ukuran panjang 100 cm dan tinggi 80 cm. Jika volume air di dalam akuarium tersebut adalah 320.000 cm3, tentukan lebar akuarium tersebut.
Penyelesaian :
Diketahui :      V  = 320.000 cm3,
t  = 80 cm,
p = 100 cm
Ditanya :         l….?
Jawab :
V                     = p x l x t
320.000cm3       = 100 cm ´ l cm ´ 80 cm
l                       =  320.000cm3 : 8000 cm2
= 40 cm
Jadi, lebar akuarium tersebut adalah 40 cm.




3.      Ruang kuliah BE berbentuk balok dengan ukuran p = 15 m l = 8 m t = 4 m. Dinding pada ruang kelas akan dicat. Setiap 50 m2 dinding diperlukan 1 kg cat. Berapa kg cat yang digunakan untuk mengecat ruang kuliah BE ?
Penyelesaian :
Diketahui :      p = 15 m,
l = 8 m,
t = 4 m
1 kg = 50 m2
Ditanya :         jumlah cet yang diperlukan untuk mengecat seluruhnya….?
Jawab :
Luas seluruh tembok   = 2 [(p x l) + (l x t) + (p x t)]
= 2 [(15 x 8) + (8 x 4) + (15 x 4)] m
= 2 (120 + 32 + 60) m
= 424 m2
Jumlah seluruh cat yang diperlukan yaitu 424 m2 : 50 m2 = 8,48 kaleng cat.

4.      Suatu kolam renang berbentuk balok dengan ukuran panjang 50 m, lebar 15 m, dan kedalaman 1 m. Pada kolam renang tersebut bagian dalamnya akan dicat. Jika 1 kaleng cat dapat mengecat 5.000 dm2, berapa banyak kaleng cat yang diperlukan?
Penyelesaian:
Diketahui :      p = 50 m
l = 15 m,
t = 1 m
1 kaleng cat = 5000 dm2
Ditanya :         jumlah cet yang diperlukan untuk mengecat seluruhnya….?
Jawab :
L          = 2 [(500  × 150) + (150 × 10) + (500 × 10) dm
= 2 (75.000 + 1.500 + 500) dm2
= 154.000 dm2

Banyak kaleng cat       = (154.000  : 5000) dm2  × 1Kaleng cat
= 30,8 kaleng cat.
Jadi, banyak cat yang diperlukan adalah 30,8 kaleng cat.




BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan secara umum :
1.       Luas Permukaan Balok = 2 (pl + lt + pt)
2.      Volume Balok (V) = Panjang x Lebar x Tinggi
B.     Saran
Jangan pernah menyerah apalagi putus asa mempelajari materi-materi dan soal-soal matematika, kareana sesulit apapun itu soal matematika, ketika kita tetap berkeinginan untuk bisa matematika, maka insyaAllah kita akan mampu memahami materi matematika dan juga bisa mengerjakan soal matematika. Kuncinya yaitu teliti, rajin dan sabar kalu dalam bahasa jawa teliti, telaten lan sabar)













DAFTAR PUSTAKA
Agus  Nuniek Avianti. 2007. Mudah Belajar Matematik. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nuharini Dewi, Tri Wahyuni. 2008. Matematika, Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta : CV. Usaha Makmur
Marsigit, Elly Erliani, dkk. 2011. Matematika 2. Jakarta : PT. Quadra Inti Solusi
Prabawanto Sufyani, dkk. 2008. Pendidkan Matematika II. Bandung : UPI PRESS





[1] Sufyani, Prabawanto, dkk, Pendidkan Matematika II, (Bandung : UPI PRESS, 2008), hlm 192
[2] Marsigit, elly erliani, Matematika 2, (Jakarta : PT. Quadra Inti Solusi, 2011), hlm 232

Comments