1.
|
Menemukan
masalah
|
Pada hari senin, tgl 16 April 2018, di
kelas VA SD Ceria pada pembelajaran PKn, 18 dari 25 siswa
mendapat nilai hasil ulangan harian di bawah nilai KKM.
|
2.
|
Melakukan
identifikasi masalah
|
· Aktivitas siswa (Siswa kurang aktif dalam bertanya, mengemukakan
pendapat, maupun berdiskusi dan siswa kurang tertarik mengikuti kegiatan
pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru)
· Keterampilan guru (Guru kurang terampil dalam penggunaan media
dan penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif)
· Hasil belajar siswa rendah
|
3.
|
Menentukan
batasan masalah
|
Kualitas
pembelajaran yang meliputi ketrampilan guru, aktivitas belajar dan hasil
belajar
|
4.
|
Menganalisis
masalah dengan menetukan faktor-faktor yang diduga sebagai penyebab utama
terjadinya masalah
|
Guru
kurang terampil dalam penggunaan media dan penerapan model pembelajaran yang
kurang inovatif
|
5.
|
Merumuskan
gagasan-gagasan pemecahan masalah dengan merumuskan hipotesis-hipotesis
sebagai pemecahan
|
· Gurunya
diikutkan workshop pembuatan dan penggunaan media belajar yang inovatif
· Menggunakan Model Pembelajaran Scramble berbasis Powerpoint
|
6.
|
Menentukan
pilihan tindakan pemecahan masalah
|
Menggunakan Model Pembelajaran Scramble berbasis Powerpoint
|
7.
|
Merumuskan
judul penelitian tindakan kelas
|
Peningkatan Kualitas
Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Scramble berbasis Powerpoint
pada Siswa Kelas VA SD Ceria.
|
Comments
Post a Comment