Penilaian Tindakan Kelas

1.
Menemukan masalah
Pada hari senin, tgl 16 April 2018, di kelas VA SD Ceria pada pembelajaran PKn, 18 dari 25 siswa mendapat nilai hasil ulangan harian di bawah nilai KKM.
2.
Melakukan identifikasi masalah
·      Aktivitas siswa (Siswa kurang aktif dalam bertanya, mengemukakan pendapat, maupun berdiskusi dan siswa kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru)
·      Keterampilan guru (Guru kurang terampil dalam penggunaan media dan penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif)
·      Hasil belajar siswa rendah
3.
Menentukan batasan masalah
Kualitas pembelajaran yang meliputi ketrampilan guru, aktivitas belajar dan hasil belajar
4.
Menganalisis masalah dengan menetukan faktor-faktor yang diduga sebagai penyebab utama terjadinya masalah
Guru kurang terampil dalam penggunaan media dan penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif

5.
Merumuskan gagasan-gagasan pemecahan masalah dengan merumuskan hipotesis-hipotesis sebagai pemecahan
·      Gurunya diikutkan workshop pembuatan dan penggunaan media belajar yang inovatif
·      Menggunakan Model Pembelajaran Scramble berbasis Powerpoint
6.
Menentukan pilihan tindakan pemecahan masalah
Menggunakan Model Pembelajaran Scramble berbasis Powerpoint
7.
Merumuskan judul penelitian tindakan kelas
Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Scramble berbasis Powerpoint pada Siswa Kelas VA SD Ceria.

Comments