KAPITA SELEKTA IPA_SUMBER ENERGI DAN PERUBAHANNYA


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Seperti yang kita ketahui mata pelajaran yang diajarkan di sekolah tentunya memiliki garis-garis besar materi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Hal ini penting diketahui oleh guru maupun calon guru. Sebab hal ini menjadi acuan dalam penyampaian materi dalam pembelajaran sehingga penyampaian materi lebih terarah dan hasil yang didapatkan dalam pembelajaran sesuai dengan rencana.
IPA sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dasar, memiliki berbagai macam materi yang harus tersampaikan kepada peserta didik. Selain itu, guru perlu mengetahui permasalahan yang terjadi selama proses pembelajaran, serta mampu mencari solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga pembelajaran IPA dapat terekam oleh semua peserta didik.
 Materi “Sumber Energi dan Perubahannya” menjadi salah satu materi IPA di sekolah dasar. Perlu kita ketahui, kebutuhan manusia terhadap energi semakin lama semakin meningkat. Energi yang digunakan saat ini berasal dari minyak bumi. Namun, eksploitasi yang berlebihan terhadap minyak bumi mengakibatkan persediaannya semakin menipis. Tuhan menganugrahkan pada manusia akal untuk berfikir. Dengan akal manusia inilah teknologi-teknologi baru ditemukan. Kemajuan teknologi juga telah sampai pada penggunaan energi alternatif sebagai pengganti sumber energi utama yang semakin sedikit jumlahnya. Dengan kemajuan teknologi dan banyaknya temuan baru mengenai energi alternatif, negara kita Indonesia berupaya untuk menggunakan energi  alternatif tersebut sebagai sumber listrik ataupun bahan bakar.
Selain itu, sumber energi alternatif akan membatasi konsumsi sumber energi tak terbarukan seperti minyak bumi dan batubara, serta yang paling penting, mengurangi pencemaran lingkungan dan efek negatif pada sumber daya alam seperti air, udara, hutan, dan lain-lain. Peningkatan penggunaan sumber energi alternatif pun akan menciptakan lapangan kerja baru sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi.
Maka dari itu dalam makalah ini disajikan hasil analisis kapita selekta IPA tema “Selalu Berhemat Energi” disertai dengan analisis kesulitan yang dihadapi dan solusinya, juga terdapat analisis media yang dapat digunakan dalam mata pelajaran IPA khususnya tema “Selalu Berhemat Energi”.

B.       Rumusan Masalah
1.         Bagaimana Silabus Tematik IPA di SD?
2.         Apa ruang lingkup, permasalahan, dan solusi guru dalam pembelajaran IPA?

C.      Tujuan
1.      Mengetahui  Silabus Tematik IPA di SD.
2.      Mengetahui ruang lingkup, permasalahan, dan solusi guru dalam pembelajaran IPA.
D.      Kegunaan
Penelitian yang penulis lakukan ini diharapkan memberikan manfaat secara teoretis maupun praktis.
1.    Teoritis
Manfaat secara teoritis adalah diharapkan mampu memperkaya teori-teori berkaitan dengan materi pembelajaran IPA pada bab sumber energi dan perubahannya.
2.    Praktis
a.    Bagi mahasiswa
1)   Meningkatkan pengetahuan tentang materi pembelajaran IPA pada bab sumber energi dan perubahannya.
2)   Menjadikan pedoman dalam pembelajaran terkait materi tentang energi.
b.    Bagi penulis
Memperbaiki, meningkatkan, dan mengembangkan pemikiran serta pengetahuan tentang materi pembelajaran IPA pada bab sumber energi dan perubahannya

BAB II
PEMBAHASAN
A.      Silabus Tematik IPA di SD
Nama Sekolah                :  MI Al – Islam Pehnangka
Kelas/ Semester             :   4 / I
Tema                               :  Selalu Berhemat Energi
Subtema                          :  Sumber Energi
Alokasi Waktu                :  120 menit
Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianut.
2.    Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, jujur, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Kegiatan Pembelajran
3.5. Mengamati gambar dan mendiskusikan tentang hak dan kewajiban penggunaan sumber energi (misalnya air dan listrik)


4.5. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang perubahan energi
·    Sumber energi
·    Perubahan bentuk energy
·    Sumber energi alternatif
1.   Melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan energy

2.   Melakukan percobaan cara tentang perubahan energi yang dihasilkan oleh suatu benda atau alat.


3.   Menjelaskan tentang sumber energy alternative yang dapat digunakan sebagai energy penggati serta cara penggunaannya.

B.  Sumber Energi dan Perubahannya, Permasalahan serta Solusinya dalam Pembelajaran
1.    Pengertian Energi
Pada saat berlari lama-kelamaan tubuh kita akan merasa lemas karena kehabisan energi. Untuk dapat berlari kembali dengan baik maka kita memerlukan energi dan stamina yang baik, hal yang bisa kita lakukan adalah dengan beristirahat atau dengan makan. Sama seperti mobil-mobilan yang mengunakan baterai bekas jalannya pasti lambat atau tidak normal. Setelah baterainya diganti dengan baterai yang baru atau baterai yang bekas tadi diisi (dicarge) maka jalan mobil tadi akan dapat berjalan dengan normal kembali. Mobil-mobilan yang memakai baterai baru (energi masih penuh) akan dapat melakukan usaha yang lebih besar dibandingkan dengan mobil-mobilan yang memakai baterai bekas. Dari kedua contoh di atas dapat dikatakan bahwa suatu benda akan dapat melakukan suatu usaha atau pekerjaan jika memiliki cukup energi untuk dapat melakukan suatu usaha yang ingin dilakukan.
Dari ilustrasi di atas dapat diketahui pengertian dari energi yaitu sesuatu yang menyebabkan benda dapat melakukan suatu pekerjaan atau energi merupakan sesuatu yang dapat menimbulkan usaha. Energi juga dapat dikatakan sesuatu usaha yang masih tersimpan. Dari pengertian itu karena energi merupakan suatu usaha yang masih tersimpan maka satuan energi menurut Satuan Internasional (SI) adalah joule. Satuan energi yang lain yaitu kalori dan kWh, kalori dipergunakan untuk menyatakan satuan energi kimia, sedangkan kWh dipergunakan untuk menyatakan energi listrik.
Permasalahan, siswa sulit memahami konsep dan pengertian energy tersebut karena banyak kata-kata ilmiah.
Solusi, guru perlu menggunakan media yang konkret untuk membantu siswa memahami pengertian energi. Contoh menampilkan cuplikan video yang berkaitan dengan ilustrasi pengertian energi.
2.    Sumber Energi
Sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi. Di sekitar kita banyak sekali macam macam sumber energi yang bisa menghasilkan berbagai macam energi.
Sumber energi adalah alat dan bahan yang menghasilkan energi. Macam-macam sumber energi yaitu:
a.    Matahari.
Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi kehidupan di bumi. Matahari menghasilkan energi panas dan energi cahaya. Matahari adalah bintang yang sangat besar yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Cahaya matahari berasal dari reaksi inti yang menghasilkan energi besar.
b.    Makanan
Manusia mendapatkan energi dari makanan yang dimakan. Energi itu digunakan untuk berbagai kegiatan manusia. Manusia memperoleh makanan dari hewan dan tumbuhan. Hewan memperoleh makanan dari hewan lain dan tumbuhan. Tumbuhan memperoleh makanan melalui proses fotosintesis.
c.    Minyak Bumi dan Gas Alam
Kendaraan bermotor dapat berjalan karena ada sumber energi untuk menjalankannya. Sumber energi berasal dari bahan bakar. Bahan bakar berasal dari minyak bumi. Contoh hasil pengolahan minyak bumi adalah bensin, oli, solar, dan minyak tanah. Bensin dan solar digunakan untuk bahan bakar kendaraan. Minyak tanah digunakan untuk bahan bakar kompor untuk memasak dan bahan bakar lampu petromaks/lampu teplok.
d.   Angin
Angin adalah udara yang bergerak. Angin menyimpan energy. Manfaat energi angin adalah untuk menggerakkan perahu layar, layang-layang dan kincir angin.
e.    Air
Energi yang dimanfaatkan dari air adalah gerakannya. Air yang berada di tempat tinggi memiliki energi yang besar ketika jatuh. Manfaat energi air adalah untuk pembangkit tenaga listrik.
Permasalahan, siswa sulit memahami konsep dan macam – macam sumber energy serta cara memperoleh energy tersebut.
Solusi, guru perlu menggunakan media yang konkret untuk membantu siswa memahami sumber energy dan cara memperolehnya. Contoh menampilkan cuplikan video yang berkaitan dengan ilustrasi benda yang menghasilkan energi.
3.     Perubahan Bentuk Energi
Penguasaan ilmu pengetahuan akan lebih berguna jika kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan tentang perubahan energi gerak akibat pengaruh udara dapat dimanfaatkan untuk membuat mainan yang menarik. Sedangkan pengetahuan tentang perubahan energi bunyi dapat dimanfaatkan untuk membuat alat musik.
Suatu energi manfaatnya baru akan dapat terlihat apabila energi tersebut mengalami suatu perubahan bentuk dari energi satu ke dalam energi yang lainya. Seperti yang kita ketahui bahwa energi memiliki suatu hukum yang sering disebut dengan hukum kekekalan energi. Bunyi dari hukum kekekalan energi adalah energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi energi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya.
Dari hukum kekekalan energi di atas apabila energi dapat dirubah ke dalam bentuk energi lainnya maka energi tersebut akan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan energi yang paling banyak bisa dimanfaatkan adalah perubahan dari energi listrik dirubah ke dalam bentuk energi yang lainnya.
Contoh perubahan energi itu antara lain:
a.    Perubahan dari energi listrik menjadi energi panas misalnya setrika listrik dan solder listrik.
b.    Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi suara misalnya radio dan tape.
c.    Perubahan dari energi listrik menjadi energi menjadi energi cahaya misalnya lampu.
d.   Perubahan dari energi listik menjadi energi cahaya (gambar) dan suara misalnya pada televisi.
e.    Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi gerak misalnya terdapat pada kipas angin.
f.     Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi panas adalah pada pengering rambut (hair dryer) dan penanak nasi (rice cooker).
g.    Perubahan dari energi kimia menjadi energi listrik misalnya pada aki dan baterai.
h.    Perubahan dari energi cahaya menjadi energi kimia misalnya pada saat proses fotosintesis.
i.      Perubahan dari energi gerak menjadi energi listrik misalnya terdapat pada dynamo sepeda.
j.      Perubahan dari energi potensial menjadi energi listrik terjadi pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA).
Permasalahan, siswa sulit memahami proses perubahan energy karena tidak adanya media pendukung atau alat penghasil energy yang konkret.
Solusi, guru perlu menggunakan media yang konkret untuk membantu siswa memahami perubahan energy yang dihasilkan oleh suatu benda, atau membawa alat yang bisa menjadi media konkret materi tersebut.
4.     Energi Alternatif
Pernahkah kamu membaca atau mendengar berita tentang kenaikan bahan bakar minyak (BBM)? Mengapa pemerintah menganjurkan agar kita menggunakan BBM sehemat mungkin? BBM merupakan salah satu energi yang diperoleh dari fosil. Maksudnya, bahan bakar tersebut diperoleh dari penambangan sisa-sisa makhluk hidup yang tertimbun di dalam tanah jutaan tahun lalu. Jadi, bahan bakar ini akan habis karena digunakan terus menerus. Bahan bakar fosil (minyak bumi) merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita membutuhkan sumber energi yang lain (alternatif) untuk memenuhi kebutuhan kita. Saat ini, para ilmuwan berusaha memanfaatkan sumber energi alternatif yang jumlahnya tidak terbatas (tidak cepat habis) dan bersih (tidak menimbulkan polusi). Contoh sumber-sumber energi alternatif, antara lain, matahari, panas bumi, air, dan angin.
a.    Energi Matahari
Hampir semua energi yang berada di bumi berasal dari matahari. Energi radiasi sinar matahari dapat diubah menjadi energi listrik dan energi kalor. Peralatan yang menggunakan sel-sel surya dapat langsung mengubah energi radiasi sinar matahari menjadi energi listrik. Pada saat ini, sel-sel surya mulai ditawarkan negara kita untuk dipasang di rumah-rumah. Sel-sel surya ini dapat mengubah energi radiasi sinar matahari menjadi energi kalor (panas). Energi panas yang dihasilkan dapat digunakan untuk memanaskan ruangan, memanaskan air, dan keperluan lain. Pada saat ini, sel-sel surya sudah biasa dijumpai di atap-atap rumah, rumah sakit, dan hotel di Jakarta. Salah satu masalah yang dihadapi dalam pemanfaatan energi ini adalah matahari tidak selalu bersinar terang sepanjang hari. Mengapa? Sebab kadang-kadang matahari tertutup oleh awan.
b.    Energi Panas Bumi
Bumi sesungguhnya tersusun dari beberapa lapisan. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batu yang panas. Hal ini memungkinkan bumi menjadi sumber energi panas. Energi panas bumi adalah energi yang dihasilkan oleh magma di dalam perut bumi. Energi panas bumi disebut juga energi geotermal. Energi tersebut banyak digunakan terutama di daerah-daerah pegunungan. Mengapa demikian? Batuan panas yang terbentuk memanaskan air di sekitarnya sehingga dihasilkan sumber uap panas atau geiser. Sumber uap panas tersebut kemudian dibor. Uap panas yang keluar dari lubang pengeboran, setelah disaring, dapat digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan memutar generator sehingga menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik yang memanfaatkan energi panas bumi disebut Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Contoh PLTP di Indonesia, antara lain, PLTP Kawah Kamojang di Jawa Tengah dan PLTP Bayongbong di Garut, Jawa Barat. Masalah yang dihadapi dalam pemanfaatan energi panas bumi adalah sulitnya pengeboran tanah, biaya yang tinggi, dan sedikitnya tempat yang memenuhi syarat untuk pembangunan PLTP.
c.    Energi Air
Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Aliran air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi ini dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik.
Pernahkah kamu pergi ke bendungan atau waduk? Pada suatu bendungan, air yang jatuh dari bagian atas bendungan akan menghasilkan arus yang sangat deras. Keadaan ini dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang memutar generator. Generator yang berputar menghasilkan energi listrik. Selain bendungan, gerakan pasang surut air laut juga dapat digunakan untuk membangkitkan listrik.
d.   Energi Angin
Banyak kegiatan yang memanfaatkan energi angin. Misalnya, pada permainan layang, layang, olahraga terbang layang, perahu layar. Namun, angin yang sangat  besar dapat menimbulkan bencana Angin adalah sumber energi alternatif yang murah dan tidak mengakibatkan polusi. Energi angin juga dapat dipakai pada kincir angin yang menghasilkan listrik. Baling-baling pada kincir angin akan berputar cepat apabila ada angin besar yang bertiup. Putaran ini dapat menggerakkan turbin pada suatu pembangkit tenaga listrik. Jadi, energi angin dapat dijadikan sumber pembangkit energi listrik. Di negara Belanda, kincir angin digunakan untuk memompa air guna mengeringkan tanah. Kincir angin seperti ini juga dibangun di tempat-tempat yang rawan banjir, untuk memompa air. Karena banyaknya kincir angin di negara Belanda, sampai negara tersebut di juluki negara Kincir Angin.
Permasalahan, dalam memahami energi alternatif dan manfaatnya siswa kurang bisa menggambarkan sumber energi alternatif dan cara memanfaatkannya.
Solusi, guru perlu menggunakan media yang konkret untuk membantu siswa memahami pengertian energi. Contoh menampilkan cuplikan video yang berkaitan dengan ilustrasi sumber dan pemanfaatan energi alternatif.

BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Energi yaitu sesuatu yang dapat menyebabkan benda dapat melakukan suatu pekerjaan atau energi merupakan sesuatu yang dapat menimbulkan usaha. Energi juga dapat dikatakan sesuatu usaha yang masih tersimpan.
Sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi. Sumber energi adalah alat dan bahan yang menghasilkan energi. Macam-macam sumber energi yaitu:
1.    Matahari
2.    Makanan
3.    Minyak bumi dan gas
4.    Angin
5.    Air
Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi energi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya. Contoh perubahan energi itu antara lain:
1.    Perubahan dari energi listrik menjadi energi panas misalnya setrika listrik dan solder listrik.
2.    Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi suara misalnya radio dan tape.
3.    Perubahan dari energi listrik menjadi energi menjadi energi cahaya misalnya lampu.
4.    Perubahan dari energi listik menjadi energi cahaya (gambar) dan suara misalnya pada televisi.
5.    Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi gerak misalnya terdapat pada kipas angin.
6.    Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi panas adalah pada pengering rambut (hair dryer) dan penanak nasi (rice cooker).
7.    Perubahan dari energi kimia menjadi energi listrik misalnya pada aki dan baterai.
8.    Perubahan dari energi cahaya menjadi energi kimia misalnya pada saat proses fotosintesis.
9.    Perubahan dari energi gerak menjadi energi listrik misalnya terdapat pada dynamo sepeda.
10.     Perubahan dari energi potensial menjadi energi listrik terjadi pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA).
Energi alternatif adalah suatu energi yang dapat menggantikan energy yang tidak dapat terbaharukan atau yang terancam habis di lingkungan. Sumber-sumber energi alternatif, antara lain,
1.    Matahari,
2.    Panas bumi
3.    Air
4.    Angin
B.  Saran
Dalam menyusun makalah ini, kami menyadari masih ada kekurangan baik materi maupun penulisan. Jadi kami menyarankan agar pembaca makalah ini membaca referensi dari buku-buku lain untuk melengkapi atau menambah pengetahuan pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi Energi dan Perubahannya Saran dari semua pihak akan kami kumpulkan untuk memberi semangat dan acuan dalam penulisan makalah kami yang selanjutnya.

Comments