Pengertian Matematika Menurut Pendapat Ahli dan Kurikulum
Rumus Matematika - Bila
ditelusuri lebih jauh mengenai pengertian matematika, maka kita harus merujuk pada asal muasal dari kata matematika. Matematika
diambil dari salah satu kata dalam bahasa latin "mathemata" yang
memiliki arti "sesuatu yang dipelajari". Sedangkan matematika di
dalam bahasa Belanda dikenal dengan sebutan "wiskunde" yang memiliki
arti "ilmu pasti". Jadi secara umum dapat diartikan bahwa matematika
merupakan sebuah ilmu pasti yang berkenaan dengan penalaran. Matematika
merupakan salah satu ilmu yang mendasari kehidupan manusia. Dari awal
ditemukannya, matematika terus berkembang secara dinamis seiring dengan
perubahan zaman. Perkembangannya tidak pernah berhenti karena matematika akan
terus dibutuhkan dalam berbagai sisi kehidupan manusia.
Source: Google Images |
Oleh karenanya, sebagai langkah awal memahami pelajaran matematika,
penting bagi kita untuk mengetahui lebih dahulu apa sebenarnya pengertian
matematika berdasarkan kepada pendapat para ahli. Pengertian tersebut dapat
menjadi acan dasar bagi kita untuk mempelajari matematika lebih jauh lagi. Berikut
ini adalah beberapa pengertian matematika berdasarkan kurikulum pembelajaran di
Indonesia dan juga menurut para ahli yang sudah berkecimpung lama di bidang
matematik.
Pengertian Matematika Menurut Pendapat Ahli dan Kurikulum
Kurikulum 2004:“Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima sehingga keterkaitan antara konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.”
Kurikulum 2006:“Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan diskrit. Untuk mengusai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.”
Johnson dan Rising (1972):“Matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide daripada mengenai bunyi.”
Yansen Marpaung:
“Matematika adalah ilmu yang dalam perkembangannya penggunaanya menganut metode deduksi.”
Kline (1973) :“Matematika itu bukanlah pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan mengatasi permasalahan sosial, ekonomi dan alam. Matematika tumbuh dan berkembang karena proses berpikir, oleh karena itu logika adalah dasar untuk terbentuknya matematika.”
Suwarsono:
“Matematika adalah ilmu yang memiliki sifat khas yaitu; objek bersifat abstrak, menggunakan lambang-lambang yang tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan proses berpikir yang dibatasi oleh aturan-aturan yang ketat.”
James dan james (1976) :
“Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri.”
Susilo:
“Matematika bukanlah bukanlah sekedar kumpulan angka, simbol, dan rumus yang tidak ada kaitannya dengan dunia nyata. Justru sebaliknya, matematika tumbuh dan berakar dari dunia nyata.”
Suherman (2003):“Matematika adalah disiplin ilmu tentang tata cara berfikir dan mengolah logika, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.”
Abdurrahman (2002) :“Matematika adalah bahasa simbiolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berfikir.”
Andi Hakim Nasution:
“Matematika adalah ilmu struktur, urutan (order), dan hubungan yang meliputi dasar-dasar perhitungan, pengukuran, dan penggambaran bentuk objek.”
Itulah beberapa Pengertian Matematika
Menurut Pendapat Ahli dan Kurikulum semoga anda sekarang semakin memahami
apa sebenarnya pengertian dari matematika. Sampai jumpa lagi pada artikel seputar pembelajaran matematika selanjutnya.
Comments
Post a Comment