RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA
SEKOLAH : MI KRESNA
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS
/ SEMESTER : 2/ Satu
ALOKASI
WAKTU :
2
x 35 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 2. Menampilkan sikap cinta
lingkungan
KOMPETENSI
DASAR : 2.1.
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
INDIKATOR : 2.1.1 Menjelaskan
arti mencintai lingkungan
2.1.2 Menjelaskan
lingkungan tumbuh-tumbuhan
2.1.3
Menjelaskan lingkungan hewan
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
setelah
mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu
1. mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
2. melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
II.
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (NPK)
1. Percaya diri
2. Tanggung
jawab
3. Rajin
4. disiplin
5. cinta lingkungan
III. MATERI
POKOK
A.
Arti
Mencintai Lingkungan
Perhatikan keadaan lingkungan sekitarmu. Ada tanah, air,
dan udara. Ada bermacam-macam tumbuhan dan hewan. Ada makhluk hidup dan ada
benda mati. Semuanya memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.
Coba bayangkan, bila hutan sudah gundu, kita tidak bisa
lagi membuat kertas dan mebel dari kayu. Bila kita membuang sampah sembarangan,
maka jalanan, got, taman, juga angkutan umum menjadi kotor dan bau. Got yang
tersumbat juga mengakibatkan banjir. Jika tembok, batu, dan batang pohon di
coret-coret, maka pemandangan jadi tidak indah lagi dan benda-benda itu jadi
cepat rusak.
Karena itu, kita semua harus mencintai lingkungan. Kita
wajib menjaga dan melestarikan alam sekitar. Supaya, alam tidak cepat rusak dan
akhirnya habis atau punah. Jika alam di sekitar kita rusak, kita tidak bisa
lagi menikmati manfaatnya. Akhirnya, kita juga yang rugi.
1.
Lingkungan
tumbuh-tumbuhan
Di sekitar kita ada berbagai tumbuhan. Tumbuhan itu bisa
jadi ada di sekitar rumah kita. Mungkin ada pohon mangga, pohon pepaya, pohon
pisang, pohon kelapa, pohon jeruk, dan lain-lain.
Setiap jenis tanaman memiliki manfaat besar bagi kita.
Buah dan daunnya bisa kita makan. Batangnya bisa menjadi kayu untuk mebel dan
jembatan. Ada yang bisa di jadikan obat. Ada yang bisa menjadi hiasan untuk
menambah keindahan lingkungan rumah.
2.
Lingkungan
hewan
Alam kita kaya dengan berbagai jenis binatang. Ada
binatang piaraan dan ada binatang liar di hutan.binatang-binatang itu ada yang
tinggal di darat dan ada juga yang di air.
Binatang juga mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Ada
binatang yang bermanfaat sebagai makanan bagi manusia. Misalnya, ayam, ikan,
dan kambing. Ada yang diambil susunya, seperti sapi.ada pula yang membantu
manusia dalam mengangkut beban, misalnya kuda, dan kerbau.
Binatang liar juga memiliki manfaat. Kotoran hewan bisa
membantu menyuburkan tumbuh-tumbuhan di hutan. Banyak pula binatang yang
bertugas membantu tumbuhan agar bisa berbunga dan berbuah. Bunga dan buahnya,
kemudian bisa di ambil oleh manusia. Oleh sebab itu, kita turut menjaga dan
melestarikan binatang –binatang tersebut. Jika mereka punah, kita tidak bisa
memetik manfaatnya.
Jika disekitarmu tidak banyak terdapat binatang, kamu
bisa melihatnya di kebun binatang. Disana kamu juga bisa melihat
binatang-binatang dari daerah lain. Binatang –binatang yang ada dikebun
binatang contohnya , gajah, orang hutan, harimau, singa, jerapah, zebra,
komodo, beraneka burung,dan lain-lain.
IV. METODE
/ STRATEGI PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Bermain peran
4.
Penugasan
V.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal (15 Menit)
Waktu
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode/
Strategi
|
Media
Pembelajaran/ Sumber Belajar
|
5 Menit
|
·
Guru memberikan salam.
·
Guru mengajak siswa berdoa.
·
Guru mengabsen siswa.
|
Tanya jawab
|
Absen
|
10 Menit
|
·
Apersepsi
G : anak-anak, sebelum kita mulai pelajaran marilah kita bernyanyi lagu
kukuruyuk bersama-sama
S : kukukuruyuk begitulah bunyinya, kaki nya bertanduk hewan apanya
namanya, kukukuruyuk begitulah bunyinya, kaki nya bertanduk ayam jantan
namanya. Potong – potong roti,rotinya pakai mentega,anak yang baik hati pasti
di sayang mama.
G : tepuk tangan buat kita semua, nah dari lagu tadi kita tahu bahwa
kalau kita ingin di sayang mama/orang tua kita harus menjadi anak yang...
S : baik...
G : pintaar, jadi anak gak boleh nakal. terus tadi hewan apa yang ada di
lagu?
S : ayam jantan bu
G : siapa di antara kalian yang memiliki ayam di rumah?
S : saya bu..
G : nah, ayam adalah adalah termasuk hewan piaraan karena ayam bisa di
pelihara di rumah. Lalu, siapa yang di rumah memiliki tanaman bunga?
S : saya bu..
G : nah, bunga termasuk ke dalam tanaman hias karena bisa di tanam di
rumah. Nah, hari ini kita akan mempelajari tentang cinta lingkungan yang
termasuk di dalamnya yaitu lingkungan tanaman dan lingkungan hewan.
|
Bernyanyi
Tanya jawab
|
Lagu dan audio
|
2.
Kegiatan
Inti (45 Menit)
Waktu
|
Kegiatan Pmbelajaran
|
Metode/ Strategi
|
Media Pembelajaran/ Sumber
Belajar
|
15
Menit
|
1. Eksplorasi
· Guru
menjelaskan materi pembelajaran.
· Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya.
|
Ceramah
Tanya jawab
|
Buku paket
Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 semester 1
|
20
Menit
|
2. Elaborasi
·
Guru membagi siswa menjadi 10 kelompok. 1 kelompok beranggotakan 3 anak. 1 anak menjadi pembaca atau penjelas, 1
anak menjadi peraga, 1 anak menjadi penjawab.
·
Guru membagikan kertas yang berisi nama hewan kepada setiap kelompok.
·
Siswa diminta untuk menuliskan tempat hidup atau lingkungan hidup serta
keistimewaan dari hewan yang ada di kertas.
·
Guru membagi bentuk kelas menjadi saling berhadapan, namun tempat duduk
diatur antara penjelas,peraga dan penjawab dipisahkan. Untuk penjelas dan
peraga di sebelah timur, dan penjawab di sebelah barat. Kondisional menurut
bentuk kelas.
·
Siswa yang menjadi penjelas dan peraga diminta untuk maju ditengah-tengah
temannya untuk menjelaskan dan memperagakan hewan yang mereka pegang secara
bergantian antar kelompok.
·
Siswa-siswa yang menjadi penjawab saling berebut menjawab hewan apa yang
dimaksud dengan angkat tangan dan menjawab setelah ditunjuk oleh guru.
·
Guru memberi skor kepada kelompok yang berhasil menjawab di tulis di
papan tulis.
·
Kelompok yang paling banyak menjawab menjadi pemenang dan guru memberi
penghargaan.
|
|
Kertas, bolpoin,
spidol, papan tulis
|
10
Menit
|
3. Konfirmasi
·
Guru mengajukan
pertanyaan-pertanyaan pada siswa.
·
Guru memberi soal latihan pada siswa.
·
Guru memberi penjelasan kembali pada siswa
·
Guru memberi penguatan pada siswa.
|
|
|
3. Kegiatan
Penutup (10 Menit)
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Metode/
Strategi
|
Media
Pembelajaran/ Sumber Belajar
|
10 Menit
|
·
Guru memberikan kesimpulan hasil belajar
·
Guru memberikan pr untuk menambah pengetahuan siswa.
·
Guru memberi motivasi siswa.
·
Guru bersama peserta didik
menutup pelajaran dengan membaca “hamdalah”, do’a, dan mengucapkan salam.
|
Penugasan
dan ceramah
|
Buku paket
Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 semester 1, alat tulis
|
VI.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
·
Buku Paket Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 semester satu
·
Kertas, alat tulis
·
Spidol,
papan tulis
VII.
PENILAIAN, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1.
Jenis/ Teknik Penilian
a.
Tes
tulis (Terlampir)
b.
Tes
dalam proses
2.
Instrumen Penilaian Berkarakter
(Terlampir)
3.
Pedoman
Penskoran (Terlampir)
VIII.
Lampiran
1.
Soal evaluasi
2.
Jawaban soal
evaluasi
3.
Instrument
penilaian karakter
4.
Nilai dan
analisis hasil belajar siswa
5.
Lembar
analisis KKM
6.
Soal remidi
7.
Kunci jawaban
soal remidi
8.
Soal pengayaan
9.
Kunci jawaban soal pengayaan
Lampiran 1
Soal
evaluasi
Berilah tanda silang (x) ada huruf a, b, c pada jawaban
yang paling benar!
1. Alam semesta ini diciptakan Tuhan agar diolah
dengan baik oleh. . .
a. Manusia
b. Hewan
c. Tumbuhan
2. Di
lingkungan yang banyak pepohonan akan terasa. . .
a. Sejuk
b. Panas
c. Dingin
3. Pohon
di bawah ini yang di ambil daunnya untuk sapu lidi adalah. . .
a. Mangga
b. Kelapa
c. Pisang
4. Menebang
pohon sembarangan merupakan perbuatan. . . .
a. Tercela
b. Terpuji
c. Terhormat
5. Hewan
yang punya belalai adalah. . . .
a. Banteng
b. Gajah
c. Sapi
Lampiran 2
Jawaban
Soal Evaluasi
1. a. Manusia
2. a. Sejuk
3. b. Kelapa
4. a, tercela
5. b. Gajah
Lampiran 3
Intrumen
Penilaian Karakter
LEMBAR
PENGAMATAN PENCAPAIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (NPK) DALAM KEGIATAN
PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : MI
KRESNA
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS /
SEMETER : II / Satu
HARI
/ TANGGAL : 22
Mei 2017
KOMPETENSI
DASAR : 2.1. Mengenal
pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
No
|
Nama Siswa
|
NILAI PENDIDIKAN
KARAKTER
|
|||||||||||
Disiplin
|
Kerjasama/
gotong-royong
|
Keaktifan
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Chayatul
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
P
|
|
2
|
Firda
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
|
P
|
3
|
Ningsih
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
P
|
|
|
|
4
|
Chacha
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
5
|
Fifi
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
P
|
|
|
|
Keterangan:
BT
: BelumTerlihat
MT : MulaiTerlihat
MB : MulaiBerkembang
SM : SudahMembudaya
Berilah tanda centang (P)
padakolom yang sesuai
Lampiran 5
Nilai dan Analisis Hasil Belajar Siswa
NAMA SEKOLAH :
MI
KRESNA
MATA PELAJARAN
: Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER
: II / Satu
ALOKASI WAKTU
: 2 x 35 Menit
KOMPETENSI DASAR :
2.1. Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
KKM : 70
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
KET.TUNTAS/TIDAK TUNTAS
|
1.
|
Chayatul
|
80
|
TUNTAS
|
2.
|
Firda
|
85
|
TUNTAS
|
3.
|
Ningsih
|
85
|
TUNTAS
|
4.
|
Chacha
|
65
|
TIDAK TUNTAS
|
5.
|
Fifi
|
85
|
TUNTAS
|
|
Lampiran 6
Lembar
Analisis KKM
NAMA SEKOLAH : MI
KRESNA
MATA PELAJARAN
: pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER
: II / Satu
ALOKASI WAKTU
: 2 x 35 Menit
KOMPETENSI DASAR :
2.1. Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
INDIKATOR
|
KRITERIA KETENTUAN MINIMAL
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
||||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake siswa
|
Rata-rata KKM
|
|
2.1.1
Menjelaskan arti mencintai lingkungan
|
75
|
70
|
65
|
70
|
2.1.2
Menjelaskan lingkungan tumbuh-tumbuhan
|
75
|
70
|
65
|
70
|
2.1.3 Menjelaskan lingkungan hewan
|
75
|
70
|
65
|
70
|
Rata – Rata KKM Dari Semua Indikator
|
70
|
|
||||
|
||||
Lampiran 7
Soal Remidi
Isilah titik dibawah ini dengan jawaban
yang benar?
1. Menanam
pohon atau tumbuhan merupakan perbuatan. . .
2. Hewan
yang di pergunakan untu membajak sawah ialah. . .
3. Saluran
air yang tersumbat sampah akan menyebankan. . .
4. Lingkungan
yang kotor menyebabkan timbulnya berbagai. . .
5. Sampah
yang membusuk akan mengeluarkan bau. . .
Lampiran 8
Kunci Jawaban Soal Remidi
1. Baik/terpuji
2. Kerbau/sapi
3. banjir
4. penyakit
5. tidak sedap
Lampiran 9
Soal Pengayaan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan
dibawah ini dengan benar?
1.
Apa saja yang kamu lakukan di
rumah dalam menjaga kebersihan lingkungan rumahmu?
2.
Apa saja manfaat hutan?
3.
Apa yang kamu lakukan bila di
ajak menanam pepohonan?
4.
Hewan apa yang dipakai untuk
menarik delman?
5.
Sebutkan dua manfaat dari ayam!
Lampiran 10
Kunci Jawaban Soal Pengayaan
1.
Menyapu dan membuang sampah
pada tempatnya
2.
Untuk tempat tinggal hewan
3.
Ikut membantu menanam pohon
4.
Kuda
5.
Sebagai hewan ternak dan
makanan bagi manusia.
Comments
Post a Comment