RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH
Berdasarkan Permendikbud No. 103 dan 104 tahun
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : MI PASTI BISA
MATA
PELAJARAN : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS/
SEMESTER : VI/ GENAP
MATERI POKOK : SEJARAH PERJUANGAN
SUNAN MURIA, SUNAN KUDUS, DAN SUNAN GUNUNG JATI
ALOKASI
WAKTU : 2 X 35 MENIT
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia)
B. KOMPETENSI DASAR
1.3 Menghayati nilai-nilai perjuangan Sunan
Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
2.3
Meneladani
kepribadian Sunan Muria,Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati dalam kehidupn
sehari-hari.
3.3
Mengetahui sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung
Jati.
4.3
Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan
Gunung Jati.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.3.1 Menunjukkan sikap
menghayati nilai-nilai perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus dan Sunan Gunung
Jati.
2.3.1 Menunjukkan perilaku meneladani kepribadian Sunan Muria, Sunan Kudus dan
Sunan Gunung Jati dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.1 Menjelaskan sejarah perjuangan Sunan Muria
3.3.2 Menjelaskan sejarah perjuangan Sunan Kudus.
3.3.3 Menjelasjan sejarah perjuangan Sunan Gunung
Jati.
4.3.1 Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Muria.
4.3.2 Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Kudus.
4.3.3 Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Gunung
Jati.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Sunan Muria
a.
Raden Prawoto atau Raden Umar Said
merupakan nama lain dari Sunan Muria. Beliau merupakan putra dari Sunan
Kalijaga.
b.
Sunan Muria menggunakan metode kesenian dan
kebudayaan seperti yang dilakukan ayahnya, Sunan Kalijaga.
c.
Pelestarian alam dengan cara meruwat bumi
adalah ajaran Sunan Muria.
d.
Sunan Muria dalam kehidupannya berbaur
bersama masyarakat kecil di sekitarnya.
e.
Gunung Muria merupakan tempat dimakamkannya
Raden Umar Said atau Sunan Muria.
2.
Sunan Kudus
a.
Sunan Kudus bernama asli Ja’far Shodiq, ia
berasal dari al-Quds, Palestina.
b.
Sunan Kudus merupakan senapati perang dari
Kerajaan Demak Bintoro.
c.
Dalam berdakwah beliau menarik simpati
penganut agama Hindhu dan Budha, yaitu dengan tidak menyembelih sapi serta
meletakkan arca di tempat wudlu yang dibangun.
d.
Sunan Kudus wafat dan dimakamkan di sebelah
barat Menara Kudus dan Masjid al-Aqsha.
3.
Sunan Gunung Jati
a.
Syarif Hidayatullah merupakan nama asli
dari Sunan Gunung Jati. Beliau lahir pada tahun 1450 M, putra dari Syarif
Abdullah, ulama dari Gujarat, India.
b.
Beliau juga cucu dari Sri Baduga Maharaja
Prabu Siliwangi. Raja Pajajaran.
c.
Sunan Gunung Jati merupakan Raja dari
Kesultanan Pakungwati, Kesultanan yang didirikannya.
d.
Sunan Gunung Jati meninggal pada tahun 1568
M dan dimakamkan di Bukit Gunung Jati.
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode/
Strategi
|
Media Pembelajaran/Sumber Belajar
|
1 menit
|
· Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan cara
mengucapkan salam dan do’a.
|
Tanya Jawab
|
|
1 menit
|
· Guru menyapa, memeriksa kehadiran (Absensi), kerapian serta
kesiapan peserta didik.
|
Tanya Jawab
|
Absensi
|
2 menit
|
· Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
tentang sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
|
Tanya Jawab
|
|
2 menit
|
· Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitu mengetahui sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan
Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
|
Ceramah
|
|
2 menit
|
· Menyampaikan garis besar cakupan materi dan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik yaitu mengetahui sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus,
dan Sunan Gunung Jati.
|
Ceramah
|
|
2 menit
|
· Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
yaitu dengan cara
(1)
penilaian sikap melalui pengamatan,
(2) penilaian pengetahuan melalui tes tulis (penilaian uraian bebas),
(3)
penilaian keterampilan melalui praktik.
|
Ceramah
|
|
2. Kegiatan Inti (45menit)
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran Berbasis Scientific
Berdasarkan Permendikbud 81.A Tahun 2013 Lampiran 4
|
Metode/
Strategi
|
Media
Pemelajaran/Sumber Belajar
|
10 menit
|
Kegiatan 1 : Mengamati
§
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung
Jati.
§
Guru mengajak
siswa untuk mengamati gambar di layar LCD.
§
Peserta didik mengamati dengan seksama
gambar tersebut.
§
Guru
menjelaskan gambar tersebut.
|
Ceramah
|
· Buku SKI MI kelas 6 semester genap.
· LCD
|
5 menit
|
Kegiatan 2 : Menanya
§
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan
komentar nya tentang gambar tersebut dengan tertib dan tidak berebutan.
§
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum
dipahami.
|
Tanya Jawab
|
|
10 menit
|
Kegiatan 3 : Eksperimen/Explorasi
§
Peserta didik memberikan
komentar dengan cara angkat tangan.
§ Guru menyuruh siswa untuk menutup dan memasukkan
bukunya ke dalam tas.
§ Guru mengocok setiap potongan kartu pertanyaan dan
kartu jawaban yang telah disediakan guru.
§ Guru memberikan 1 potongan kartu kepada setiap siswa.
§ Setelah selesai, guru menjelaskan bahwa setiap
masing-masing anak membawa 1 potongan kartu yang di dalamnya dapat berupa
pertanyaan atau jawaban.
|
•Tanya
Jawab
•Index Card Match
|
Potongan kertas yang berisi pertanyaan
dan jawaban.
|
10 menit
|
Kegiatan 4 : Asosiasi
§
Guru memberikan aba–aba kepada setiap siswa untuk mulai mencari pasangan
mereka masing–masing.
§
Setelah siswa menemukan pasangannya, guru meminta siswa untuk duduk
berdekatan dengan pasangan mereka.
|
Index
Card Match
|
Potongan kertas yang berisi pertanyaan
dan jawaban.
|
10 menit
|
Kegiatan 5: Komunikasi
§
Guru meminta setiap pasangan siswa secara bergantian untuk membacakan
pertanyaan dan jawaban yang didapat tersebut dengan keras, agar didengar oleh seluruh siswa.
§
Guru meminta pendapat siswa lain apakah pertanyaan dan jawaban yang telah dibacakan
cocok atau tidak.
§
Guru memberikan penguatan.
|
Index Card Match
|
Potongan kertas yang berisi pertanyaan
dan jawaban.
|
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode/
Strategi
|
Media Pembelajaran/Sumber Belajar
|
10
menit
|
·
Guru membuat
kesimpulan tentang apa yang telah dipelajari.
·
Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
·
Guru memberikan penguatan terhadap
pemahaman dan keyakinan peserta didik akan makna pembelajaran.
·
Guru menyampaikan poin-poin penting dalam
pembelajaran “Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati”.
|
Ceramah
|
Buku SKI MI
kelas 6 semester genap.
|
5 menit
|
·
Kegiatan Penilaian:
Penilaian KI-1 melalui Pengamatan
Penilaian KI-2 melalui Penilaian Diri
Penilaian KI-3 melalui Tes tulis uraian bebas
Penilaian KI-4 melalui Praktik
·
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, memberikan tugas baik
tugas individual maupun tugas kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
·
RTL (PR)
Guru meminta siswa untuk mengerjakan tugas
hal 93 di rumah.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya pada
pertemuan berikutnya.
·
Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan penanaman
KI 1 dan KI 2.
·
Doa/Salam
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan
membaca hamdalah dan mengakhiri pertemuan dengan ucapan salam dan berjabat tangan.
|
•
Tes
• Ceramah
|
Buku SKI MI kelas 6 semester genap.
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a.
Teknik
Penilaian KI-1 : Pengamatan
(Observasi)
b.
Teknik
Penilaian KI-2 : Penilaian Diri, dan
Peilaian Sejawat
c.
Teknik
Penilaian KI-3 : Tes Tulis (Uraian
Bebas)
d.
Teknik
Penilaian KI-4 : Praktik
2. Instrumen Penilaian : Terlampir
3. Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber
1. Media/Alat : LCD, papan tulis, spidol.
2.
Bahan : Potongan kertas yang berisi pertanyaan
dan jawaban.
3. Sumber Belajar : Buku SKI MI kelas 6 semester genap.
INSTRUMEN
DAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(KI.1)
MELALUI PENGAMATAN
Satuan
Pendidikan : SD/ MI
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VI
Kompetensi dasar : 1.3 Menghayati
nilai-nilai perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
NO
|
NAMA
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
|
|
|||||
1)
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
2)
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
3)
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi.
|
4)
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan
terhadap Tuhan saat melihat.
|
5)
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saatmempelajari sesuatu.
|
Jumlah Skor Perole-han.
|
NILAI
|
KET
|
||
1
|
Abdul
|
4
|
3
|
4
|
4
|
2
|
17
|
17/20 X 4 = 3,40
|
Sangat Baik
|
2
|
Adi
|
4
|
2
|
3
|
2
|
3
|
14
|
14/20 X 4 = 2,80
|
Baik
|
3
|
Ari
|
2
|
2
|
3
|
1
|
2
|
10
|
10/20 X 4 = 2,00
|
Cukup
|
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah SKOR pada
kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = Sudah
Membudaya (SM), apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Mulai
Berkembang (MB), apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = Mulai
Terlihat (MT), apabila
kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1
= Belum Terlihat (BT), apabila
tidak pernah
|
melakukan.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh
nilai adalah :
Sangat Baik
: apabila memperoleh skor :3,33
< kor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor :
2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila
memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33
Kurang : apabila
memperoleh skor:skor ≤ 1,33
|
|
INSTRUMEN DAN
RUBRIK PENILAIAN DIRI
Format Penilaian Diri Siswa
Nama :
.................................................................
Kelas :
.................................................................
Semester :
.................................................................
Waktu penilaian : .................................................................
Peserta didik memberi tanda cek lis (√)
pada kolom Ya atau Tidak di bawah ini, guru mengarahkan peserta didik untuk
memilih salah satu jawaban sesuai persepsi diri siswa.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
|
1
|
Saya telah tertib mengerjakan
salat 5 waktu.
|
|
|
|
2
|
Saya selalu mengucap syukur
setiap menerima anugerah.
|
|
|
|
3
|
Saya selalu berdoa sebelum
belajar.
|
|
|
|
4
|
Saya menyerahkan tugas tepat
waktu.
|
|
|
|
5
|
Saya dapat menghargai
keyakinan orang lain.
|
|
|
Keterangan:
§ Penilaian
persepsi diri peserta didik untuk mencocokkan persepsi diri dengan kenyataan
yang ada.
§ Hasil
penilaian persepsi diri siswa digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan
bimbingan dan motivasi lebih lanjut.
INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL (KI.2)
MELALUI PENGAMATAN
Satuan
Pendidikan : SD/ MI
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VI
Kompetensi dasar : 2.3 Meneladani kepribadian Sunan Muria,Sunan
Kudus, dan Sunan Gunung Jati dalam kehidupn sehari-hari.
No
|
NAMA
|
ASPEK
YANG DIAMATI
|
|
NILAI
|
KET
|
||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Toleransi
|
Gotong
Royong
|
Santun
|
Percaya Diri
|
JUMLAH
SKOR PEROLEHAN
|
||||
1
|
Abdul
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
21
|
21/28 X 4 = 3,00
|
Baik
|
2
|
Adi
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
26
|
26/28 X 4 = 3,70
|
Sangat Baik
|
3
|
Angga
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
19
|
19/28 X 4 = 2,70
|
Baik
|
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah SKOR pada
kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = Sudah
Membudaya (SM), apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Mulai
Berkembang (MB), apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = Mulai
Terlihat (MT), apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= Belum Terlihat (BT), apabila
tidak pernah
|
melakukan.
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Sesuai
Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor :
1,33 < skor≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33
|
|
INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN ANTAR TEMAN
Format Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai :
.................................................................
Nama penilai :
.................................................................
Kelas :
.................................................................
Semester :
.................................................................
Waktu penilaian :
.................................................................
Berilah tanda cek lis (√) pada
kolom Ya atau Tidak di bawah ini!
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Hadir di madrasah tepat waktu
|
|
|
2
|
Selalu mengerjakan tugas
denga baik
|
|
|
3
|
Suka membantu dan menolong
|
|
|
4
|
Menyerahkan tugas tugas tepat
waktu
|
|
|
5
|
Selalu bicara santun
|
|
|
Keterangan:
§ Penilaian
antarteman digunakan untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan
persepsi temannya serta kenyataan yang ada.
§ Hasil
penilaian antarteman digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan
motivasi lebih lanjut.
INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN (K13)
MELALUI TES TULIS
Satuan
Pendidikan : SD/ MI
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VI
Kompetensi dasar : 3.3 Mengetahui sejarah perjuangan Sunan Muria,
Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
Indikator : Siswa dapat mengetahui
sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati.
Instrumen
:
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Bagaimana
upaya yang dilakukan oleh Sunan Muria dalam menyebarkan ajaran Islam di daerah
Gunung Muria?
2. Uraikan
manfaat menjaga kelestarian alam yang telah dicontohkan oleh Sunan Muria?
3. Bagaimana
upaya yang dilakukan oleh Sunan Kudus dalam menyebarkan ajaran Islam di
daerah Kudus?
4. Bagaimana
upaya yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan ajaran Islam
di Jawa Barat?
5. Bagaimana
hubungan Sunan Gunung Jati dengan Kekaisaran Cina?
|
Rubrik Penilaian :
No Soal
|
Rambu-rambu jawaban
|
Skor maks
|
1
|
Upaya
Sunan Muria dalam menyebarkan ajaran Islam, yaitu:
o
Menyebarkan ajaran Islam dengan jalan kerelaan, tanpa ada paksaan.
o
Memasukkan ajaran Islam dalam kesenian gamelan dan tembang.
o
Mengajarkan ajaran Islam dengan menyatu bersama alam, yaitu dengan meruwat
bumi / melestarikan alam dan lingkungan.
|
20
|
2
|
Manfaat
menjaga kelestarian alam bermanfaat yaitu
o
Menjaga ekosistem lingkungan.
o
Menjaga kelestarian hewan-hewan.
o
Menjaga kelestarian tetumbuhan.
o
Mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.
|
20
|
3
|
Upaya
Sunan Kudus dalam menyebarkan ajaran Islam, yaitu:
o
Mendirikan masjid.
o
Tidak menyembelih sapi sebagai penghormatan kepada umat Hindu.
o
Meletakkan arca di padasan/tempat wudlu untuk menghormatiumat Budha.
o
Meluruskan ajaran atau adat yang tidak sesuai ajaran Islam agar sesuai ajaran
Islam, seperti tabur bunga di makam, berdoa di makam kepada Allah bukan
kepada si mayit.
|
30
|
4
|
Upaya
Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan ajaran Islam, yaitu:
o
Mengajak Prabu Siliwangi untuk masuk agama Islam.
o
Mendirikan Kerajaan Pakungwati yang berlandaskan agama Islam.
o
Mendirikan Masjid Sang Cipta Rasa.
o
Memberikan pengobatan kepada orang sakit untuk melaksanakan sholat dan tidak
makan babi.
|
20
|
5
|
Sunan
Gunung Jati merupakan menantu dari Kaisar Cina, putri yang dinikahinya
bernama Puteri Ong Tien.
|
10
|
Jumlah Skor
|
||
Skor Maksimum
|
100
|
INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN KETRAMPILAN (KI.4)
MELALUI TES PRAKTIK
Satuan
Pendidikan :
SD/MI
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VI
Kompetensi dasar :
4.3 Menceritakan sejarah perjuangan
Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan
Gunung Jati.
Indikator : Siswa dapat menjelaskan
sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
NO
|
NAMA
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
|
|
|
||||
1.
Aktif menjawab pertanyan guru.
|
2.
Mampu menjelaskan materi di depan kelas.
|
3.
Menggunakan bahasa sopan dan mudah dipahami sesuai kaidah EYD.
|
4.
Mampu menghafalkan materi yang ditugaskan.
|
5.
Mampu menuliskan tutgas yang diberikan oleh guru dengan
benar dan teliti.
|
Jumlah
Skor Perolehan
|
NILAI
|
KETERANGAN (tuntas/belum tuntas)
|
||
1
|
Abdul
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
17
|
17/20 X 100 = 85
|
Tuntas
|
2
|
Adi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
16
|
16/20 X 100 = 80
|
Tuntas
|
3
|
Angga
|
4
|
2
|
3
|
3
|
4
|
16
|
16/20 X 100 = 80
|
Tuntas
|
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai aspek ketrampilan peserta didik.dengan kriteria sebagai berikut :
4 = Sangat Tepat, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan,
3 = Tepat, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan, 2 =
kurang tepat, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan,
1 = tidak tepat, apabila tidak
pernah melakukan
N= Skor Perolehanx 100
Skor Maksimal
INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
Satuan
Pendidikan :
SD/MI
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VI
Kompetensi dasar :
4.3 Menceritakan sejarah perjuangan
Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan
Gunung Jati.
Indikator : Siswa dapat menjelaskan
sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
Instrumen :
Guru memberi perintah kepada siswa:
Pilihlah
salah satu dari cerita Sunan Muria, Sunan Kudus, atau Sunan Gunung Jati,
tulislah di buku tugasmu dan ceritakanlah di depan kelas menggunakan bahasamu
sendiri!
|
Rubrik Penilaian :
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Aspek
|
|||
Amat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Amat baik : Jika kesimpulannya yang disampaikan
runtun, relevan, jelas, dan logis.
Baik : Jika
kesimpulannya yang disampaikan runtun, relevan, jelas, tetapi tidak logis.
Cukup : Jika
kesimpulannya yang disampaikan runtun, relevan, tidak jelas, dan logis.
Kurang : Jika
kesimpulannya yang disampaikan runtun, tidak relevan, tidak jelas, dan logis.
|
|||
|
|||
Comments
Post a Comment