CONTOH RPP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI SEMESTER II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH

Berdasarkan Permendikbud No. 103 dan 104 tahun 2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH              :           MI PASTI BISA
MATA PELAJARAN          :           SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS/ SEMESTER          :           VI/ GENAP
MATERI POKOK               :            SEJARAH PERJUANGAN SUNAN MURIA, SUNAN KUDUS, DAN SUNAN GUNUNG JATI
ALOKASI WAKTU                        :           2 X 35 MENIT

A.    KOMPETENSI INTI
1.         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia)
B.     KOMPETENSI DASAR
1.3  Menghayati nilai-nilai perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
2.3     Meneladani kepribadian Sunan Muria,Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati dalam kehidupn sehari-hari.
3.3  Mengetahui sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
4.3  Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.3.1  Menunjukkan sikap menghayati nilai-nilai perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus dan Sunan Gunung Jati.
2.3.1  Menunjukkan perilaku meneladani kepribadian Sunan Muria, Sunan Kudus dan Sunan Gunung Jati dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.1  Menjelaskan sejarah perjuangan Sunan Muria
3.3.2  Menjelaskan sejarah perjuangan Sunan Kudus.
3.3.3  Menjelasjan sejarah perjuangan Sunan Gunung Jati.
4.3.1  Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Muria.
4.3.2  Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Kudus.
4.3.3  Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Gunung Jati.
D.    MATERI  PEMBELAJARAN
1.      Sunan Muria
a.       Raden Prawoto atau Raden Umar Said merupakan nama lain dari Sunan Muria. Beliau merupakan putra dari Sunan Kalijaga.
b.      Sunan Muria menggunakan metode kesenian dan kebudayaan seperti yang dilakukan ayahnya, Sunan Kalijaga.
c.       Pelestarian alam dengan cara meruwat bumi adalah ajaran Sunan Muria.
d.      Sunan Muria dalam kehidupannya berbaur bersama masyarakat kecil di sekitarnya.
e.       Gunung Muria merupakan tempat dimakamkannya Raden Umar Said atau Sunan Muria.
2.      Sunan Kudus
a.       Sunan Kudus bernama asli Ja’far Shodiq, ia berasal dari al-Quds, Palestina.
b.      Sunan Kudus merupakan senapati perang dari Kerajaan Demak Bintoro.
c.       Dalam berdakwah beliau menarik simpati penganut agama Hindhu dan Budha, yaitu dengan tidak menyembelih sapi serta meletakkan arca di tempat wudlu yang dibangun.
d.      Sunan Kudus wafat dan dimakamkan di sebelah barat Menara Kudus dan Masjid al-Aqsha.
3.      Sunan Gunung Jati
a.       Syarif Hidayatullah merupakan nama asli dari Sunan Gunung Jati. Beliau lahir pada tahun 1450 M, putra dari Syarif Abdullah, ulama dari Gujarat, India.
b.      Beliau juga cucu dari Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi. Raja Pajajaran.
c.       Sunan Gunung Jati merupakan Raja dari Kesultanan Pakungwati, Kesultanan yang didirikannya.
d.      Sunan Gunung Jati meninggal pada tahun 1568 M dan dimakamkan di Bukit Gunung Jati.
E.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/
Strategi
Media Pembelajaran/Sumber Belajar
1 menit
·      Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan cara mengucapkan salam dan doa.
Tanya Jawab

1 menit
·      Guru menyapa, memeriksa kehadiran (Absensi), kerapian serta kesiapan peserta didik.
Tanya Jawab
Absensi
2 menit
·      Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat tentang sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
Tanya Jawab

2 menit
·      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitu mengetahui  sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
Ceramah

2 menit
·      Menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik yaitu mengetahui sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
Ceramah

2 menit
·      Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan yaitu dengan cara
(1) penilaian sikap melalui pengamatan,
(2) penilaian pengetahuan melalui tes tulis  (penilaian uraian bebas),
(3) penilaian keterampilan melalui praktik.
Ceramah

2.      Kegiatan Inti  (45menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran Berbasis Scientific  Berdasarkan Permendikbud 81.A Tahun 2013 Lampiran 4
Metode/
Strategi
Media Pemelajaran/Sumber Belajar
10 menit
Kegiatan 1 : Mengamati
§  Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
§  Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar di layar LCD.
§  Peserta didik mengamati  dengan seksama gambar tersebut.
§  Guru menjelaskan  gambar tersebut.
Ceramah
·   Buku SKI MI kelas 6 semester genap.
·   LCD

5 menit
Kegiatan 2 :  Menanya
§  Guru memberi  kesempatan kepada peserta didik memberikan komentar nya tentang gambar tersebut dengan tertib dan tidak berebutan.
§  Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.
Tanya Jawab


10 menit
Kegiatan 3 : Eksperimen/Explorasi
§   Peserta didik memberikan komentar dengan cara angkat tangan.
§   Guru menyuruh siswa untuk menutup dan memasukkan bukunya ke dalam tas.
§   Guru mengocok setiap potongan kartu pertanyaan dan kartu jawaban yang telah disediakan guru.
§   Guru memberikan 1 potongan kartu kepada setiap siswa.
§   Setelah selesai, guru menjelaskan bahwa setiap masing-masing anak membawa 1 potongan kartu yang di dalamnya dapat berupa pertanyaan atau jawaban.
•Tanya Jawab

Index Card Match



Potongan kertas yang berisi pertanyaan dan jawaban.
10 menit
Kegiatan 4 : Asosiasi
§  Guru memberikan aba–aba kepada setiap siswa untuk mulai mencari pasangan mereka masing–masing.
§  Setelah siswa menemukan pasangannya, guru meminta siswa untuk duduk berdekatan dengan pasangan mereka.
Index Card Match
Potongan kertas yang berisi pertanyaan dan jawaban.
10 menit
Kegiatan 5:  Komunikasi
§  Guru meminta setiap pasangan siswa secara bergantian untuk membacakan pertanyaan dan jawaban yang didapat tersebut dengan keras, agar didengar oleh seluruh siswa.
§  Guru meminta pendapat siswa lain apakah pertanyaan dan jawaban yang telah dibacakan cocok atau tidak.
§  Guru memberikan penguatan.
Index Card Match
Potongan kertas yang berisi pertanyaan dan jawaban.
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/
Strategi
Media Pembelajaran/Sumber Belajar
10
menit
·      Guru membuat kesimpulan tentang apa yang telah dipelajari.
·       Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Guru memberikan penguatan terhadap pemahaman dan keyakinan peserta didik akan makna pembelajaran.
·       Guru menyampaikan poin-poin penting dalam pembelajaran “Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati”.
Ceramah






Buku SKI MI kelas 6 semester genap.
5 menit
·      Kegiatan Penilaian:
Penilaian KI-1 melalui Pengamatan
Penilaian KI-2 melalui Penilaian Diri
Penilaian KI-3 melalui Tes tulis uraian  bebas
Penilaian KI-4 melalui Praktik
·      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, memberikan tugas baik tugas individual maupun tugas kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
·       RTL (PR)
Guru meminta siswa untuk mengerjakan tugas hal 93 di rumah.
·      Menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya pada pertemuan berikutnya.
·      Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan penanaman KI 1 dan KI 2.
·      Doa/Salam
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan membaca hamdalah dan mengakhiri pertemuan dengan ucapan salam dan berjabat tangan.
• Tes






• Ceramah








Buku SKI MI kelas 6 semester genap.
F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.    Teknik Penilaian
a.         Teknik Penilaian KI-1      : Pengamatan (Observasi)
b.         Teknik Penilaian KI-2      : Penilaian Diri, dan Peilaian Sejawat
c.         Teknik Penilaian KI-3      : Tes Tulis (Uraian Bebas)
d.        Teknik Penilaian KI-4      : Praktik
2.    Instrumen Penilaian : Terlampir
3.    Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
G.      Media/Alat, Bahan dan Sumber
1.    Media/Alat : LCD, papan tulis, spidol.
2.    Bahan : Potongan kertas yang berisi pertanyaan dan jawaban.
3.    Sumber Belajar : Buku SKI MI kelas 6 semester genap.

INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL  (KI.1)
MELALUI  PENGAMATAN

Satuan Pendidikan   : SD/ MI
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                          : VI
Kompetensi dasar     : 1.3 Menghayati nilai-nilai perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
NO
NAMA
ASPEK YANG DIAMATI


1)   Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
2)      Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan.
3)   Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
4)    Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat.
5)   Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saatmempelajari sesuatu.
Jumlah Skor Perole-han.
NILAI
KET
1
Abdul
4
3
4
4
2
17
17/20 X 4 = 3,40
Sangat Baik
2
Adi
4
2
3
2
3
14
14/20 X 4 = 2,80
Baik
3
Ari
2
2
3
1
2
10
10/20 X 4 = 2,00
Cukup
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah SKOR pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = Sudah Membudaya (SM), apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Mulai Berkembang (MB), apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan  kadang-kadang tidak melakukan
2 = Mulai Terlihat (MT), apabila
kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1 = Belum Terlihat (BT), apabila tidak pernah

melakukan.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :

Sangat Baik  : apabila memperoleh skor :3,33 < kor ≤ 4,00

Baik               : apabila memperoleh skor :
2,33 < skor ≤ 3,33

Cukup           : apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤ 2,33

Kurang       : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33




INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN DIRI
Format Penilaian Diri Siswa
Nama                           : .................................................................
Kelas                            : .................................................................
Semester                      : .................................................................
Waktu penilaian           : .................................................................

Peserta didik memberi tanda cek lis (√) pada kolom Ya atau Tidak di bawah ini, guru mengarahkan peserta didik untuk memilih salah satu jawaban sesuai persepsi diri siswa.
No
Pernyataan
Ya
Tidak

1
Saya telah tertib mengerjakan salat 5 waktu.


2
Saya selalu mengucap syukur setiap menerima anugerah.


3
Saya selalu berdoa sebelum belajar.


4
Saya menyerahkan tugas tepat waktu.


5
Saya dapat menghargai keyakinan orang lain.



Keterangan:
§  Penilaian persepsi diri peserta didik untuk mencocokkan persepsi diri dengan kenyataan yang ada.
§  Hasil penilaian persepsi diri siswa digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut.
 
INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL (KI.2)
MELALUI  PENGAMATAN

Satuan Pendidikan   : SD/ MI
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                          : VI
Kompetensi dasar     : 2.3 Meneladani kepribadian Sunan Muria,Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati dalam kehidupn sehari-hari.

No
NAMA
ASPEK YANG DIAMATI

NILAI
KET
Jujur
Disiplin
Tanggung jawab
Toleransi
Gotong Royong
Santun
Percaya Diri
JUMLAH SKOR PEROLEHAN
1
Abdul
4
3
3
3
4
4
3
21
21/28 X 4 = 3,00
Baik
2
Adi
4
3
3
4
4
4
4
26
26/28 X 4 = 3,70
Sangat Baik
3
Angga
4
2
3
3
3
2
2
19
19/28 X 4 = 2,70
Baik

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah SKOR pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = Sudah Membudaya (SM), apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Mulai Berkembang (MB), apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = Mulai Terlihat (MT), apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = Belum Terlihat (BT), apabila tidak pernah

melakukan.

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik   : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup            : apabila memperoleh skor :
1,33 < skor≤ 2,33
Kurang           : apabila memperoleh skor:skor ≤ 1,33


INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN ANTAR TEMAN

Format Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai         : .................................................................
Nama penilai                            : .................................................................
Kelas                                        : .................................................................
Semester                                  : .................................................................
Waktu penilaian                       : .................................................................
Berilah tanda cek lis (√) pada kolom Ya atau Tidak di bawah ini!
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Hadir di madrasah tepat waktu


2
Selalu mengerjakan tugas denga baik


3
Suka membantu dan menolong


4
Menyerahkan tugas tugas tepat waktu


5
Selalu bicara santun



Keterangan:
§  Penilaian antarteman digunakan untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan persepsi temannya serta kenyataan yang ada.
§  Hasil penilaian antarteman digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut.

INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN PENGETAHUAN (K13)
MELALUI TES TULIS

Satuan Pendidikan   : SD/ MI
Mata Pelajaran         : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                          : VI
Kompetensi dasar     : 3.3  Mengetahui sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
Indikator                    :    Siswa dapat mengetahui sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati.
Instrumen                 :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.      Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Sunan Muria dalam menyebarkan ajaran Islam di daerah Gunung Muria?
2.      Uraikan manfaat menjaga kelestarian alam yang telah dicontohkan oleh Sunan Muria?
3.      Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Sunan Kudus dalam menyebarkan ajaran Islam di daerah Kudus?
4.      Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan ajaran Islam di Jawa Barat?
5.      Bagaimana hubungan Sunan Gunung Jati dengan Kekaisaran Cina?
 
Rubrik Penilaian       :

No Soal
Rambu-rambu jawaban
Skor maks
1
Upaya Sunan Muria dalam menyebarkan ajaran Islam, yaitu:
o Menyebarkan ajaran Islam dengan jalan kerelaan, tanpa ada paksaan.
o Memasukkan ajaran Islam dalam kesenian gamelan dan tembang.
o Mengajarkan ajaran Islam dengan menyatu bersama alam, yaitu dengan meruwat bumi / melestarikan alam dan lingkungan.
20
2
Manfaat menjaga kelestarian alam bermanfaat yaitu
o Menjaga ekosistem lingkungan.
o Menjaga kelestarian hewan-hewan.
o Menjaga kelestarian tetumbuhan.
o Mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.
20
3
Upaya Sunan Kudus dalam menyebarkan ajaran Islam, yaitu:
o Mendirikan masjid.
o Tidak menyembelih sapi sebagai penghormatan kepada umat Hindu.
o Meletakkan arca di padasan/tempat wudlu untuk menghormatiumat Budha.
o Meluruskan ajaran atau adat yang tidak sesuai ajaran Islam agar sesuai ajaran Islam, seperti tabur bunga di makam, berdoa di makam kepada Allah bukan kepada si mayit.
30
4
Upaya Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan ajaran Islam, yaitu:
o Mengajak Prabu Siliwangi untuk masuk agama Islam.
o Mendirikan Kerajaan Pakungwati yang berlandaskan agama Islam.
o Mendirikan Masjid Sang Cipta Rasa.
o Memberikan pengobatan kepada orang sakit untuk melaksanakan sholat dan tidak makan babi.
20
5
Sunan Gunung Jati merupakan menantu dari Kaisar Cina, putri yang dinikahinya bernama Puteri Ong Tien.
10
Jumlah Skor

Skor Maksimum
100
       

INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN KETRAMPILAN (KI.4)
MELALUI  TES PRAKTIK

Satuan Pendidikan                : SD/MI
Mata Pelajaran                      : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                       : VI
Kompetensi dasar                 : 4.3  Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Muria,  Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
Indikator                                : Siswa dapat menjelaskan sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.

NO
NAMA
ASPEK YANG DINILAI



1.        Aktif menjawab pertanyan guru.
2.        Mampu menjelaskan materi di depan kelas.
3.        Menggunakan bahasa sopan dan mudah dipahami sesuai kaidah EYD.
4.        Mampu menghafalkan materi yang ditugaskan.
5.        Mampu  menuliskan  tutgas yang diberikan oleh guru dengan benar dan teliti.
Jumlah Skor Perolehan
NILAI
KETERANGAN (tuntas/belum tuntas)
1
Abdul
4
3
3
4
3
17
17/20 X 100 = 85
Tuntas
2
Adi
3
3
3
3
4
16
16/20 X 100 = 80
Tuntas
3
Angga
4
2
3
3
4
16
16/20 X 100 = 80
Tuntas

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai aspek ketrampilan peserta didik.dengan kriteria sebagai berikut :
4 = Sangat Tepat, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan,
3 = Tepat, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan, 2 = kurang tepat, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan,
1 = tidak tepat, apabila tidak pernah melakukan
Perhitungan penilaian akhir menggunakan rumus :
N= Skor Perolehanx  100
Skor Maksimal

INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO

Satuan Pendidikan                : SD/MI
Mata Pelajaran                      : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                       : VI
Kompetensi dasar                 : 4.3  Menceritakan sejarah perjuangan Sunan Muria,  Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
Indikator                                : Siswa dapat menjelaskan sejarah perjuangan Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Gunung Jati.
Instrumen                              :          
Guru memberi perintah kepada siswa:
Pilihlah salah satu dari cerita Sunan Muria, Sunan Kudus, atau Sunan Gunung Jati, tulislah di buku tugasmu dan ceritakanlah di depan kelas menggunakan bahasamu sendiri!
 
            Rubrik Penilaian                   :
            No.
Nama Peserta Didik
Aspek
Amat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)






























Keterangan:
Amat baik         : Jika kesimpulannya yang disampaikan runtun, relevan, jelas, dan logis.
Baik                  : Jika kesimpulannya yang disampaikan runtun, relevan, jelas, tetapi tidak logis.
Cukup               : Jika kesimpulannya yang disampaikan runtun, relevan, tidak jelas, dan logis.
Kurang              : Jika kesimpulannya yang disampaikan runtun, tidak relevan, tidak jelas, dan logis.
         
         















Comments